Selain akses bandara yang sudah tersedia di Pesisir Barat, tempat tinggal juga menjadi kemudahan yang disuguhkan untuk memanjakan pengunjung atau wisatawan Pesisir Barat. Berikut ini adalah pilihan tempat menginap yang cukup refresentatif bagi wisatawan.



1. Cottage Labuhan Jukung Dispar Krui

Dinas Pariwisata Krui sendiri memiliki dua buah cottage di Pantai Labuhan Jukung. Bentuk cottage menyerupai rumah panggung yang saling bersebelahan. Dengan pemandangan langsung menghadap ke laut tentunya memberikan nilai tambah untuk menikmati pagi. Dalam satu cottage terdapat dua kamar dengan fasilitas standar yaitu kasur ukuran double dan kamar mandi dalam, selain itu juga ada AC. Ukuran kamarnya memang tidak terlalu besar, TV yang ada juga menyiarkan satu saluran, sisanya saluran yang tidak dapat ditayangkan.

Saya sarankan untuk membawa peralatan mandi sendiri karena di dalam kamar tidak disediakan kelengkapan perlengkapan mandi. Lokasi cottage ini strategis namun sayangnya untuk fasilitas umum seperti bola lampu yang dipecah, ruang bilas di bagian luar semua kran airnya rusak dan hilang. Begitu saya tanyakan hal ini disebabkan oleh ulah tangan jahil yang belum sadar pentingnya potensi wisata di tempat mereka.

Bagi kalian yang berminat untuk menyewa kamar dipatok harga Rp. 275.000/malam tanpa sarapan pagi.

2. Krui Mutun Walur Surf Camp

Cottage kedua merupakan cottage milik swasta yang dikelola oleh penduduk setempat. Pemiliknya mempercayakan kepada orang lain untuk mengurus cottage yang halamannya asri dengan gazebo dan hammock. Lokasi Krui Mutun Walur Surf Camp ini terletak di Desa Walur, Krui Selatan.

Untuk mencapai lokasi cottage kita akan melewati hutan kelapa masuk ke dalam, lumayan gelap saat ingin keluar di malam hari karena memang tidak ada penerangan. Sepertinya konsep cottage ini memang di-setting dalam keadaan private sehingga tidak boleh ada keributan. Terdapat 6 kamar yang ada di Krui Mutun Walur Surf Camp yaitu terdiri dari 2 kamar tipe private, 2 kamar rumah panggung dan 2 kamar dengan 2 lantai. Kamar tipe private saling bersebelahan. Fasilitas yang ditawarkan di cottage ini juga standar dengan ranjang kelambu dan toilet bernuansa semi terbuka. Dinding-dinding kamar terbuat dari bambu yang disusun sehingga masih ada renggang celah. Tampak klasik namun memang harus selalu dirawat kebersihannya.

3. Cottage Sekitar Pantai Tanjung Setia

Selain itu juga terdapat beberapa cottage yang dikelola oleh swasta dan asing di daerah Pantai Tanjung Setia. Tampak kesiapan kawasan ini bagi tamu-tamu asing yang dapat menjadi referensi menginap. Untuk menjangkau tempat ini kita tinggal berkendara menuju sekitar Pantai Tanjung Setia yang terletak di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Krui. Di sepanjang lorong  memasuki area kita dapat melihat kanan dan kiri terdiri dari cottage yang dikelola oleh sejumlah bule berinvestasi membeli tanah di Pantai Tanjung Setia.

4. Ujung Bocur Resort, Tanjung Setia, Krui

Lokasinya berada agak masuk ke dalam dari area Pantai Tanjung Setia. Halaman yang asri dan penataan yang memanjakan mata memang sekilas tampak tempat ini layak dijadikan referensi bagi tamu-tamu yang ingin bermalam dan menikmati ombak di Pantai Tanjung Setia.

Kita bisa bersantai di area tamu dengan kursi sofa yang empuk hingga tertidur, selain itu interior di dalamnya juga dari kriya kayu yang menarik. Apalagi ada bale-bale besar yang langsung menghadap ke arah pantai membuat kita ingin mencoba bersantai sejenak.
Harga sewa per malam di Ujung Bocur Bungalow ini sekitar Rp 350.000 – Rp 500.000/malam sudah termasuk 3x makan. Berbeda dengan cottage lainnya, disini harga ditetapkan berdasarkan hitungan per orang.

5. Sumatra Surf Resort, Tanjung Setia, Krui

Lokasi cottage Sumatra Surf Resort ini berada di bagian dalam lagi dari Ujung Bocur. Cirinya kita bisa melihat dari luar pagar ada semacam joglo besar. Tampaknya resort ini merupakan resort terbesar yang ada di Pantai Tanjung Setia. Halaman depannya tampak biasa saja, namun begitu kaki sudah melangkah masuk ke area joglo, maka kesan istimewa dan tenang bisa segera kita dapatkan.

Fasilitas yang ada di resort ini merupakan fasilitas standar seperti resort pada umumnya. Hanya saja di tengah joglo yang dijadikan sebagai multi function area memiliki meja bilyar yang bisa kita mainkan bersama, selain itu bar minuman. Ada sekitar 16 kamar yang siap dihuni dengan harga sewa antara Rp 350.000 – Rp 500.00/malam/orang dengan fasilitas 3x makan dalam sehari.

0 comments:

Post a Comment

 
Info Wisata Lampung © 2017. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top